Globalisasi Dan Iptek Bagi Para Pelajar

 Apa Sih Globalisasi

Kata Globalisasi sudah tak asing lagi bukan di telinga kita? Nahh, agar lebih jelas lagi, mari simak artikel ini, karena pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai kajian teori,konsep globalisasi & pengertian globalisasi.

Perkembangan dunia saat ini telah memunculkan sebuah fenomena globalisasi yang telah membumi ke plosok negara-negara di dunia.

Globalisasi sebagai sebuah fenomena nyata, dimana masyarakat berbagai dunia bisa saling bertukar informasi, teknologi sampai bekerjasama diberbagai bidang kehidupan. Globalisasi adalah suatu proses dimana antar individu, antar kelompok, bahkan antar negara saling berinteraksi, bergantung, dan saling mempengaruhi satu sama lain sampai melintasi batas negara.

Menurut asal katanya, kata globalisasi diambil dari kata global yang maknanya universal. Globalisasi berupaya melakukan universalisasi sistem dunia (world system) sehingga semua negara memiliki sistem yang homogen secara global (Safril 2015: 66). 

Para pemikir barat menyatakan bahwa globalisasi adalah sebagai suatu proses kehidupan yang serba luas dan meliputi segala aspek kehidupan, seperti politik, ideologi, sosial budaya,ekonomi yang dapat dirasakan oleh seluruh umat manusia di dunia (tanpa batas) (Syarbaini, 2015: 262).

 Selain itu, Giddens (1991: 64) mengartikan globalisasi sebagai intensifikasi hubungan sosial dunia yang menghubungkan tempat-tempat jauh sehingga peristiwa disuatu tempat dapat dipengaruhi oleh peristiwa yang terjadi di tempat lain sekian kilometer jauhnya dan sebaliknya.

Ditinjau dari sisi lain, ada yang mengartikan globalisasi sebagai proyek negara-negara Adikuasa untuk menjalankan perekonomian kapitalis. Negara-negara yang kuat dan kaya akan mengendalikan ekonomi dunia dan negara-negara yang kecil makin tidak mampu bersaing. Sebab itu globalisasi cenderung berpengaruh terhadap perekonomian dunia bahkan berpengaruh terhadap aspek kehidupan lain.

Nahh,setelah membahas pengertian globalisasi hingga kajian teori, pembahasan selanjutnya adalah aspek globalisasi. Pada umumnya, perkembangan globalisasi ini dilihat dari 3 aspek, yaitu aspek politik, aspek ekonomi, dan aspek sosial budaya.

Aspek Politik

Dengan adanya globalisasi, maka muncullah organisasi tingkat dunia, sehingga dapat terjadi hubungan politik dengan banyak negara. Organisasi tingkat dunia, seperti World Bank, WTO, dan sebagainya.

Aspek Ekonomi

Aspek ekonomi mengalami perkembangan yang cukup signifikan karena adanya globalisasi ini. Hal in dapat terjadi karena sudah banyak negara yang bisa melakukan perdagangan internasional. Bahkan, sudah ada banyak e-commerce dalam negeri dan luar negeri, sehingga memudahkan konsumen dalam berbelanja.

Sebelum Lanjut Kita Perkenalan Dulu Ya


ini anggota dari kelompok

Aji Nalindra G
Affrilia Diah
Muhammad Rio Ramadhani
Rizka Putri Solikhah

Dampak Globalisasi

Globalisasi juga memberikan dampak baik positif maupun negatif 

Adapun Dampak positif dari Globalisasi 

1.Terjadinya perubahan tata nilai dan sikap 2.Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi tingkat kehidupan yang lebih baik
3.Mempermudah komunikasi
4.Mempermudah dalam mencari informasi

Sedangkan dampak negatif dari globalisasi adalah

1.Pola hidup konsumtif
2.Sikap individualistik
3.Saya hidup kebarat-baratan
4.Kesenjangan sosial.

Tokoh Globalisasi

Martin Cooper (Bapak Penemu Ponsel)

Martin Cooper merupakan salah satu innovator yang menjadi saksi hidup proses evolusi karyanya yang saat ini dikenal dengan smartphone. Ia lahir pada 26 Desember 1928 di Amerika Serikat.Pada tahun 1970, Martin menjabat sebagai manajer umum Motorola’s Communications Systems Division. Bersama timnya, dia mengembangkan ponsel pertama yang kelak dinamakan sebagai Motorola Dyna-Tac. Martin juga mendapat kehormatan untuk melakukan panggilan pertama di ponsel portable tersebut pada 3 April 1973.



Komentar